Ayat-Ayat dan Hadist Tentang pergaulan Remaja

Written By Unknown on Monday, November 25, 2013 | 4:20 PM

Bismillah...

Assalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh...

*) Al Qur'an

1. Al-Ahzab ayat 53:
"Danjika kalian (parashahabat) meminta suatu hajat (kebutuhan) kepadamereka (istri-istriRasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam) makamintalah dari balikhijab. Hal itu lebih bersih (suci) bagi kalbukalian dan kalbu mereka."

2. Al-Isra': 32
"Dan janganlah kalian mendekati perbuatan zina, sesungguhnya itu adalah perbuatan nista dan sejelek-jelek jalan."

3. An-Nur ayat 30:
Katakanlahkepadaorang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka menahanpandanganya, danmemelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebihsuci bagi mereka,sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang merekaperbuat."

4. An-Nur ayat 31:
Katakanlahkepadawanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya,dankemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya,kecualiyang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah merekamenutupkan kainkudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannyakecuali kepadasuami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka,atauputera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka,atausaudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudaralelakimereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atauwanita-wanitaislam, atau budak-budak yang mereka miliki, ataupelayan-pelayanlaki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadapwanita) atauanak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Danjanganlahmereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yangmerekasembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah,haiorang-orang yang beriman supaya kamu beruntung

5. Al-Ahzab: 32
"Makajanganlahkalian (para istri Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam)berbicara dengansuara yang lembut, sehingga lelaki yang memilikipenyakit dalam kalbunyamenjadi tergoda dan ucapkanlah perkataan yangma'ruf (baik)."

6. Al Ahzab : 53.
"Haiorang-orangyang beriman, janganlah kamu memasuki rumah- rumah Nabikecuali bilakamu diizinkan untuk makan dengan tidak menunggu-nungguwaktu masak(makanannya) tetapi jika kamu diundang maka masuklah danbila kamuselesai makan, keluarlah kamu tanpa asyik memperpanjangpercakapan.Sesungguhnya yang demikian itu akan mengganggu Nabi laluNabi malukepadamu (untuk menyuruh kamu keluar), dan Allah tidakmalu(menerangkan) yang benar. Apabila kamu meminta sesuatu(keperluan)kepada mereka (isteri- isteri Nabi), maka mintalah daribelakang tabir.Cara yang demikian itu lebih suci bagi hatimu dan hatimereka. Dantidak boleh kamu menyakiti (hati) Rasulullah dan tidak(pula) mengawiniisteri- isterinya selama-lamanya sesudah ia wafat.Sesungguhnyaperbuatan itu adalah amat besar (dosanya) di sisi Allah."


*) Hadist


1."Sesungguhnyadunia itu manis dan hijau (indah memesona), dan AllahSubhanahu waTa'ala menjadikan kalian sebagai khalifah (penghuni) diatasnya,kemudian Allah Subhanahu wa Ta'ala memerhatikan amalan kalian.Makaberhati-hatilah kalian terhadap dunia dan wanita, karenasesungguhnyaawal fitnah (kehancuran) Bani Israil dari kaum wanita."(HR. Muslim,dari Abu Sa'id Al-Khudri radhiyallahu 'anhu)

2."Tidaklah akumeninggalkan fitnah sepeninggalku yang lebih berbahayaterhadap kaumlelaki dari fitnah (godaan) wanita." (Muttafaqun 'alaih,dari Usamah binZaid radhiyallahu 'anhuma)

3."Hati-hatilah kalian dari masukmenemui wanita." Seorang lelaki darikalangan Anshar berkata: "Bagaimanapendapatmu dengan kerabat suami? "Maka Rasulullah Shallallahu 'alaihiwa sallam bersabda: "Mereka adalahkebinasaan." (Muttafaq 'alaih, dari'Uqbah bin 'Amir radhiyallahu 'anhu)

4. "Jangan sekali-kali salahseorang kalian berkhalwat dengan wanita, kecuali bersama mahram."(Muttafaq 'alaih, dari Ibnu'Abbas.R.A)

5."Barangsiapa berimankepada Allah dan hari akhir maka jangansekali-kali dia berkhalwatdengan seorang wanita tanpa disertaimahramnya, karena setan akanmenyertai keduanya." (HR. Ahmad)

6.Rasulullah Shallallahu 'alaihiwa sallam dalam hadits Abu Hurairahradhiyallahu 'anhu:"Telah ditulisbagi setiap Bani Adam bagiannya darizina, pasti dia akan melakukannya,kedua mata zinanya adalah memandang,kedua telinga zinanya adalahmendengar, lidah(lisan) zinanya adalahberbicara, tangan zinanya adalahmemegang, kaki zinanya adalahmelangkah, sementara kalbu berkeinginandan berangan-angan, makakemaluan lah yang membenarkan atau mendustakan."

7."DemiAllah, sungguh jika kepala salah seorang dari kalian ditusukdenganjarum dari besi, maka itu lebih baik dari menyentuh wanita yangtidakhalal baginya." (HR. Ath-Thabarani dan Al-Baihaqi dari Ma'qil binYasarradhiyallahu 'anhu, dan dishahihkan oleh Al-Albani dalamAsh-Shahihahno. 226)

8.Aisyah radhiyallahu 'anha berkata: "Tidak. Demi Allah,tidak pernahsama sekali tangan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallammenyentuhtangan wanita (selain mahramnya), melainkan beliau membai'atmerekadengan ucapan (tanpa jabat tangan)." (HR. Muslim)

9.DalamShahih Muslim dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu 'anhuma, diaberkata:"Aku bertanya kepada Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallamtentangpandangan yang tiba-tiba (tanpa sengaja)? Maka beliaubersabda:'Palingkan pandanganmu'."

10." Janganlah kalian masuk ketempat wanita. 'Lalu seseorang dari kaumAnshar berkata : "WahaiRasulullah, bagaimana pendapatmu mengenaiipar?'. Beliau menjawab, "Iparitu maut (menyendiri dengannya bagaikanbertemu dengan kematian)".(Hadits Riwayat Muttafaqun 'alaih)

11.Ath-Thabrany mentakhrijsebuah hadits. "Janganlah kamu sekalianberkhalwat dengan wanita. Demidiriku yang ada dalam kekuasaan-Nya,tidaklah seorang laki-lakiberkhalwat dengan seorang wanita melainkansyetan akan masuk di antarakeduanya. Lebih baik seorang laki-lakiberdekatan dengan babi yangberlumuran tanah liat atau lumpur daripadadia mendekatkan bahunya kebahu wanita yang tidak halal baginya".

Sumber: REMAJA IRAMANA 

Ditulis Oleh : Unknown ~»™Tkj_TARUNA™«

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Ayat-Ayat dan Hadist Tentang pergaulan Remaja yang ditulis oleh »™Tkj_TARUNA™« yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 4:20 PM

5 comments: